DFD Level 0 dan DFD 1 Level Pada Klinik Healty
Sistem Kerja Baru
Sistem kerja baru terdiri dari penjelasan terkait proses dan prosedur yang akan dibangun dalam sistem yang baru dan aktor yang terlibat.
Bagian Bagian Yang Terlibat Pada Sistem Baru
Bagian yang terlibat dalam sistem baru yang akan dibuat antara lain :
a. Petugas Administrasi
Petugas administrasi mempunyai tugas utama untuk melayani transaksi registrasi dan pembayaran pasien, pada sistem baru nantinya petugas administrasi merupakan user yang memiliki hak akses untuk menginputkan data master dan menginputkan data transaksi registrasi, pemeriksaan medis maupun pembayaran medis. Selain itu petugas administrasi juga akan mecetak kartu pasien yang menjadi bukti pendaftaran, bukti pembayaran sebagai bukti transaksi bahwa pasien telah membayar dan pembuatan laporan setiap transaksi.
b. Penanggung Jawab Klinik
Penanggung jawab klinik mempunyai tugas utama untuk mengawasi dan sekaligus menjadi dokter yang bertugas pada klinik Healthy, pada sistem yang baru nantinya dapat melihat dan mencetak laporan.
Proses kerja baru
Proses kerja baru menjelaskan rancangan proses yang akan dibangun
Proses Registrasi Pasien
Proses registrasi pasien yaitu proses yang mengelola segala data administrasi pasien yang melakukan registrasi baik registrasi sebagai pasien baru atau sebagai pasien lama yang akan melakukan registrasi pemeriksaan pada Klinik Healthy.
Proses Pemeriksaan Medis
Proses pemeriksaan medis yaitu proses pengolahan data pemeriksaan yang dilakukan dokter terhadap pasien, data yang diolah berupa diagnosa, tindakan medis dan resep yang diberikan kepada pasien.
Proses Pembayaran Pemeriksaan
Proses pembayaran pemeriksaan yaitu rangkaian proses berupa perhitungan biaya rawat pembayaran hingga mencetak tanda bukti pembayaran rawat jalan berdasarkan tindakan medis yang diberikan dokter kepada pasien. Proses perhitungan pembayaran berdasarkan tindakan medis yang diberikan dokter dan juga alamat tinggal pasien, apabila pasien bertempat tinggal di sekitar daerah ngagel tirto maka pasien akan mendapatkan potongan sebesar 10% dari total tindakan yang diberikan. Proses pembayaran dikelola oleh Petugas Administrasi berdasarkan tindakan medis yang diberikan oleh dokter kepada pasien.
Proses Pembuatan Laporan
Proses pembuatan laporan yaitu proses penyusunan dan pembuatan laporan berdasarkan data yang ada sehingga menjadi sebuah informasi yang dapat dijadikan pertimbangan dalam mendukung sebuah keputusan. Proses pembuatan laporan terbagi atas :
1. Laporan Registrasi Pasien
2. Laporan Pemeriksaan Medis
3. Laporan Pembayaran Pemeriksaan Medis
Proses Pengelolaan Data Master
Proses pengelolahan data master yaitu proses yang menangani segala penambahan dan perubahan data master yang terdapat pada Sistem Informasi Klinik Healthy Surabaya.
Prosedur Sistem Kerja Baru
Prosedur kerja baru menjelaskan prosedur-prosedur pada tiap proses yang terdapat pada sistem kerja baru.
Prosedur Registrasi Pasien
Prosedur registrasi dibedakan menjadi dua macam yaitu :
a. Prosedur registrasi pasien baru :
1. Petugas administrasi menekan tombol tambah pasien.
2.
Pasien memberikan tanda pengenal
KTP, SIM, Paspor
atau tanda pengenal lainnya.
3.
Petugas administrasi menginputkan data pasien ke sistem berdasarkan data yang ada pada
tanda pengenal.
4.
Petugas administrasi menekan
tombol simpan untuk menyimpan data pasien pada sistem.
5. Petugas administrasi mencetak kartu pasien.
6. Petugas administrasi memberikan kartu pasien beserta tanda pengenal pasien kepada pasien
b. Prosedur registrasi pemeriksaan :
1. Pasien memberikan kartu pasien kepada petugas administrasi.
2. Petugas Administrasi memilih registrasi pemeriksaan pada menu.
3. Petugas Administrasi menekan tombol daftar pemeriksaan.
4. Petugas Administrasi menginputkan data pasien yang akan melakukan pemeriksaan.
5. Pasien memilih poli.
6. Petugas administrasi mendaftarkan pasien pada poli yang dipilih.
7. Petugas Administrasi menekan tombol daftar untuk menyimpan data registrasi pemeriksaan.
Prosedur Pemeriksaan Medis
Prosedur pemeriksaan antara lain sebagai berikut :
1. Petugas Administrasi melakukan login
2. Sistem menampilkan data pasien yang telah melakukan
registrasi pemeriksaan.
3. Petugas Administrasi memilih data pasien yang akan diinputkan
data hasil pemeriksaan.
4. Petugas Administrasi meng-input data
diagnosa penyakit dan tindakan medis yang diberikan dokter pada sistem.
5. Petugas Administrasi menekan tombol submit untuk menyimpan
data hasil pemeriksaan.
6. Petugas Administrasi memilih menu resep
7. Sistem menampilkan data pemeriksaan pasien.
8. Petugas Administrasi menginputkan data resep
hasil pemeriksaan dokter
9. Petugas Administrasi menekan tombol submit untuk menyimpan data resep yang diberikan pada sistem.
Prosedur Pembayaran Pemeriksaan
Prosedur pembayaran antara lain sebagai berikut:
1. Pasien menuju petugas administrasi untuk melakukan pembayaran
2. Petugas administrasi memilih menu pembayaran.
3. Sistem menampilkan data pasien yang dipilih.
4. Sistem menghitung jumlah pembayaran yang harus dibayarkan pasien.
5. Pasien membayarkan sesuai dengan jumlah pembayaran.
6. Petugas administrasi menginputkan jumlah uang yang diberikan
pasien.
7. Petugas
menekan tombol submit untuk menyimpan
dan menghitung data pembayaran
pasien.
8. Sistem
menghitung jumlah yang harus dibayarkan dengan jumlah uang yang diberikan
pasien yang telah diinputkan petugas
administrasi.
9. Sistem menampilkan biaya kembalian.
10.Sistem secara otomatis mencetak nota pembayaran
11.Petugas
administrasi mencetak resep yang diberikan dokter. 12.Petugas administrasi memberikan nota pembayaran dan resep
beserta uang kembalian bila ada.
Prosedur Pembuatan Laporan
Prosedur pembuatan laporan antara lain sebagai berikut:
1. Petugas administrasi melakukan Login.
2. Petugas administrasi memilih menu laporan yang ingin dilihat/dicetak.
3. Petugas administrasi memilih parameter untuk masing-masing laporan
yang ingin dilihat/dicetak.
4. Petugas administrasi menekan tombol cetak untuk mencetak laporan
Prosedur Pengolahan Data Master
Prosedur pengolahan data master antara lain sebagai berikut:
1. Petugas administrasi melakukan Login.
2. Petugas administrasi memilih data master yang
akan di edit atau ditambahkan pada sidebar menu.
3. Petugas administrasi melakukan pengisian data master berdasarkan kebutuhan pada Klinik Healthy.
4. Petugas administrasi menekan tombol simpan
5. Sistem menyimpan data yang telah diinputkan oleh petugas administrasi
Desain Proses
Desain proses yaitu mempresentasikan secara grafis proses-proses untuk mengumpulkan, memanipulasi, menyimpan, dan mendistribusikan data antara sistem dengan lingkungannya, dan diantara komponen sistem lainnya. Memodelkan proses di dalam sistem bertujuan memfasilitasi upaya untuk mengumpulkan informasi selama proses identifikasi kebutuhan. Hasilnya berupa sekumpulan diagram tentang keterhubungan antar data seperti, diagram jenjang dan data flow diagram context Level, DFD sistem saat ini dan DFD sistem yang akan dibangun.
Hieracy Procces Output
Diagram berjenjang (HIPO) pada Sistem Informasi Rawat Jalan Klinik Healthy Surabaya terdapat 5 proses utama, yaitu
1. Registrasi Pasien
2. Pemeriksaan Medis
3. Pembayaran Pemeriksaan Medis
4. Pembuatan laporan
5. Pengelolahan data master
Diagram jenjang untuk Sistem Informasi Rawat Jalan Klinik Healthy pada gambar 3.1.
Data Flow Diagram
Desain model dari aplikasi Sistem Informasi Rawat Jalan Klinik Healthy Surabaya ini disajikan dalam bentuk model logika yang digambarkan dengan menggunakan Data Flow Diagram (DFD), yang sering digunakan untuk menggambarkan aliran data suatu sistem yang telah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan.
Context Diagram
Context diagram adalah tingkatan tertinggi dalam diagram aliran data dan memuat satu proses, menunjukkan sistem secara keseluruhan (Kendall, 2004). Pada Level Context diagram Sistem Informasi Rawat Jalan Klinik Healthy terdapat tiga entitas yang terlibat pada sistem yang mempunyai otoritas yang berbeda yaitu:
a. Petugas
Administrasi : Petugas Administrasi adalah petugas yang mempunyai hak akses dalam pengelolahan data master. Selain itu juga petugas
administrasi juga mempunyai hak akses
dalam penanganan proses administrasi Klinik
Healthy Surabaya yang meliputi proses pembayaran, proses
registrasi pasien dan juga proses pembuatan laporan.
Petugas Administrasi juga menginputkan hasil pemeriksaan
medis dari dokter berdasarkan Kartu hasil pemeriksaan pasien yang telah diisi
oleh dokter.
b. Penanggung Jawab Klinik : Aktor yang mengontrol jalannya rawat jalan Klinik Healty, Penanggung Jawab Klinik mempunyai hak akses untuk melihat laporan yang dibutuhkan.
Context Diagram aplikasi Sistem Informasi Rawat Jalan dapat dilihat pada Gambar 3.2.
Gambar 3. 2 Context Diagram Sistem Informasi Rawat Jalan Klinik Healthy
DFD Level 0
DFD Level 0 adalah pengembangan dari context diagram terdapat lima proses pada DFD Level 0 yaitu proses registrasi pasien, proses pemeriksaan medis, proses pembayaran pemeriksaan medis, proses pembuatan laporan, proses pengelolaan data master. DFD Level 0 diagram aplikasi Sistem Informasi Rawat Jalan Klinik Healthy Surabaya dapat dilihat pada Gambar 3.3.
Gambar 3. 3 DFD Level 0 Sistem Informasi Rawat Jalan Klinik Healthy
DFD Level 1 Proses Registrasi Pasien
DFD Level 1 Registrasi merupakan decompose dari proses registrasi pasien yang terdapat pada DFD Level 0 terdapat empat proses pada DFD Level 1 registrasi pasien yaitu registrasi pasien baru, cetak kartu pasien, registrasi pasien lama, cetak karcis antrian. DFD Level 1 proses registrasi pasien aplikasi Sistem Informasi Rawat Jalan Klinik Healthy Surabaya dapat dilihat pada Gambar 3.4
Gambar 3. 4 DFD Level 1 Proses Registrasi Sistem Informasi Rawat Jalan Klinik Healthy
DFD Level 1 Proses Pemeriksaan
DFD Level 1 proses pemeriksaan adalah decompose dari proses pemeriksaan yang terdapat pada DFD Level 0, terdapat tiga proses pada DFD Level 1 pemeriksaan Sistem Informasi Rawat Jalan Klinik Healthy yaitu proses pemeriksaan, pembuatan resep dan cetak resep. DFD Level 1 proses pemeriksaan
aplikasi Sistem Informasi Rawat Jalan Klinik Healthy Surabaya dapat dilihat pada Gambar 3.5.
Gambar 3. 5 DFD Level 1 Proses Pemeriksaan Medis Sistem Informasi Rawat Jalan Klinik Healthy
DFD Level 1 Proses Pembayaran Pemeriksaan
DFD Level 1 proses pembayaran adalah pengembangan dari DFD Level 0 proses pembayaran pada DFD Level 0 DFD Level 1, terdapat dua proses pada proses ini yaitu proses pembayaran dan proses cetak nota pembayaran. Proses
pembayaran aplikasi Sistem Informasi Rawat Jalan Klinik Healthy Surabaya dapat dilihat pada Gambar 3.6.
Gambar 3. 6 DFD Level 1 Proses Pembayaran Pemeriksaan Sistem Informasi Rawat Jalan Klinik Healthy
DFD Level 1 Proses Pembuatan Laporan
DFD Level 1 proses pembuatan laporan adalah pengembangan proses pembuatan laporan pada DFD Level 0. DFD Level 1 pembuatan laporan aplikasi Sistem Informasi Rawat Jalan Klinik Healthy Surabaya dapat diliat pada Gambar 3.7.
Gambar 3. 7 DFD Level 1 Pembuatan laporan Sistem Informasi Rawat Jalan
Klinik Healthy
DFD Level 1 Proses Pengolahan Data Master
DFD Level 1 proses pengolahan data master adalah pengembangan proses pengolahan data master pada DFD Level 0. DFD Level 1 pengolahan data master aplikasi Sistem Informasi Rawat Jalan Klinik Healthy Surabaya dapat dilihat pada Gambar 3.8.
Gambar 3. 8 DFD Level 1 Pengolahan data master Sistem Informasi Rawat Jalan
Klinik Healthy
Komentar
Posting Komentar